Home » » Tata Cara Sholat Sunnah Lil Unsi Fil Qobri dan Manfaatnya

Tata Cara Sholat Sunnah Lil Unsi Fil Qobri dan Manfaatnya

Setiap yang hidup akan mengalami kematian, maka setelah nyawa diambil oleh Allah Subhanahu Wata’ala jasad orang tersebut harus dikuburkan. Proses upacara pemberangkatan jenazah mulai dari memandikan mayit, mengkafani mayit kemudian menyolati mayit dengan segala tata cara sholat janazah. Kemudian setelah itu dimakamkan. Setelah selesai pemakaman malamnya si mayit didalam kubur tentunya banyak menemui kesulitan dan kepayahan didalam kubur. Oleh karena itu pada malam pertama itu si mayyit butuh sedekah berupa kiriman do’a, tentunya siapalagi yang dimintai tolong kalau bukan keluarganya. Dengan cara melakukan sholat lil unsi fil qobri yang jumlah rekaatnya hanya dua rekaat inilah keluarga si mayyit bisa memberikan pertolongan untuk si mayyit. Sholat ini bukan berarti dilakukan dikuburan, tetapi sholat sunnah ini dilakukan dirumah setelah sholat magrib atau isya. Ingat sekali lagi, mayyit ini masih butuh yang namanya pertolongan saat malam pertama di alam kubur.

Berikut ini tata cara sholat Lil Unsi Fil Qobri

  1. Setelah wudlu maka persiapkan sholat dengan berjamaah juga lebih baik. 
  2. Niat sholat Lil Unsi Fil Qobri (Usholli Sunnatal Lil Unsi Fil Qobri Lillahi Ta’ala) Saya berniat sholat Lil Unsi Fil Qobri hanya karena Allah. أُصَلِّ سُنَّةً لِلْأُنْسِ فِي اْلقَبْرِ لِلّٰهِ تَعَالىٰ
  3. Kemudian takbirotul ikrom (meletakkan niatnya saat takbirotul ikrom) Allahu Akbar. 
  4. Lalu baca surah Al-Fatihah setelah itu baca ayat kursi satu kali kemudian surah at-Takatsur satu kali (al haakumuttakatsuru hatta zurtumul maqobir ....dst) kemudian disambung surah Al- Ihlas 10 kali (qul huwallahu Ahad ... dst) kemudian lakukan sholat seperti urutan biasanya ada rukuk, sujud, i’tidal, dan berdiri lagi.
  5. Kemudian lakukan hal yang sama seperti pada rekaat pertama (setelah bacaan surat al-Fatihah disambung dengan ayat kursi 1 kali, surah At-Takatsur 1 kali dan Surah Al-Ikhlas 10 kali) kemudian rukuk, i’tidal,  sujud dan diakhiri dengan salam.

Budaya yang baik seperti medoakan si mayit selalu dipertahankan. Seperti membacakan surah al-Ikhlas sebanyak 100 kali dan mendoakan agar amal baiknya diterima, kemudian dimudahkan urusannya serta diampuni segala dosa-dosanya.

Do'a Lil Unsi Fil Qobri

  • Do’a nya bisa dengan bacaan Allahummaghfirlahu, warhamhu, wa’afi wa’fu anhu (jika mayitnya laki-laki). 
  • Allahummaghfirlaha, warhamha, wa’afi wa’fuanha (jika mayitnya perempuan).
  • Jika mayitnya dua orang maka pakai huma. Allahummaghfirlahuma, warhamhuma wafi wa’fuanhuma. Itu jika anda tahu artinya yaitu Ya Allah, ampunilah dia, berilah kasih sayang padanya, dan maafkanlah dia.
  • Namun jika anda berdoa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa itu justru lebih bagus karena anda lebih faham apa yang anda minta. 
  • Namun sebelum berdo’a agar doa anda diterima, maka harus dengan tata cara berdo’a dengan baik.

Wahai para insan pembaca setia perpustakaan online, demikianlah mengenai sholat sunnah Lil Unsi Fil Qobri agar bisa bermanfaat dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

 Manfaat Sholat Lil Unsi Fil Qobri


Sholat yang tergolong sholat sunnah ini biasa dilakukan pada waktu
Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

2 comments: